Sigale - Gale 1


Dahulu kala, ada seorang Raja yang sangat bijaksana bernama Rahat yang tinggal di Kerajaan Huta Samosir di wilayah Toba. Ia hanya memiliki seorang anak, namanya Si Manggale. Pada zaman tersebut masih sering terjadi peperangan antar satu kerajaan dengan kerajaan lain.

Ia menyuruh Si Manggale untuk ikut berperang melawan musuh yang datang menyerang wilayah mereka. Pada saat peperangan tersebut, Si Manggale tewas.

Ia sangat terpukul hatinya mengingat Si Manggale sudah tiada, lalu ia pun jatuh sakit. Melihat situasinya yang semakin hari semakin kritis , penasehat Kerajaan memanggil tabib untuk mengobati penyakitnya. Beberapa tabib yang di panggil mengatakan bahwa ia sakit oleh karna kerinduannya kepada Si Manggale yang sudah meninggal. Sang tabib mengusulkan pada penasehat kerajaan agar di pahat sebuah kayu menjadi sebuah patung yang menyerupai wajah Si Manggale & saran dari tabib ini pun di laksanakan di sebuah hutan.

Ketika patung ini telah selesai, penasehat Kerajaan mengadakan satu upacara untuk mengangkat patung Si Manggale ke Istana. Sang tabib meniup sordam & memanggil roh Si Manggale untuk di masukkan ke patung tersebut. Patung ini di angkut dari Sopo Balian sambil di iringi dengan suara sordam & gondang sabangunan.

Setelah rombongan ini tiba di Istana, ia tiba - tiba pulih dari penyakit karna iamelihat bahwa patung tersebut persis seperti wajah Si Manggale.

Sumber :

0 Response to "Sigale - Gale 1"

Posting Komentar