Profil Sumatra Utara


Apa itu Sumatra Utara?
Sumatra Utara adalah sebuah provinsi yang terletak di pulau SumatraIndonesia & beribukota di Medan. Sumatra Utara merupakan provinsi multietnis dengan suku BatakNias & Melayu sebagai penduduk asli wilayah ini. 





Siapa yang saat ini masih menganut animisme - dinamisme di Sumatra Utara?
Sebagian suku Batak Toba masih menganut Parmalim yang merupakan kepercayaan asli suku Batak namun sudah mendapat pengaruh dari agama Katolik & Islam.






Sejak kapan kepercayaan animisme - dinamisme di Sumatra Utara muncul?
Agama asli Batak ini tidak di ketahui awalnya namun pada penghujung abad ke - 19 muncul lagi sebagai sebuah gerakan anti kolonial. Sekarang agama ini sudah hampir punah seiring dengan masuknya penjajahan Belanda & pengaruh agama Kristen. 




Di Sumatra Utara bagian mana animisme - dinamisme masih berkembang pesat?
Sejak dahulu kala terdapat beberapa kelompok Parmalim namun kelompok terbesar adalah yang berpusat di Toba Samosir.



Kenapa mereka masih menganut animisme - dinamisme?
Kepercayaan orang Batak adalah suatu campuran kepercayaan keagamaan kepada Dewata, pemujaan yang bersifat animisme terhadap roh orang yang telah meninggal & dinamisme. Di dalam banyak tata cara & adat - istiadat, ke - 3 bentuk pemikiran religius ini masih bercampur - baur tak terpisah satu sama lain. Dalam penerapannya, batas ke - 3 unsur itu tidak tampak dengan jelas, baik ia berlangsung di kalangan orang biasa, di lingkungan para pemimpin yang sudah mantap / di dalam praktik religius magis. Sebaliknya, yang terjadi adalah bahwa ke - 3 unsur itu justru membuat citra kita lebih kabur & kacau.

Sumber :
  1. https://books.google.co.id/books?id=SR8VTiyHvssC&pg=PA85&lpg=PA85&dq=parbaringin&source=bl&ots=s2Pqu6QVYp&sig=Kc2kh7oKC7zK4mUkdNjiCzU1h2Y&hl=id&sa=X&ei=kPgPVY7ZMJSEuwSVp4HoAw&ved=0CC8Q6AEwAw#v=onepage&q=parbaringin&f=false
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Sumatera_Utara#Suku_bangsa
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Parmalim

0 Response to "Profil Sumatra Utara"

Posting Komentar