Profil Sumatra Barat

Apa Itu Sumatra Barat?
Sumatra Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau 
Sumatra dengan Padang sebagai ibu kotanya. Sumatra Barat berpenduduk sebanyak 4.846.909 jiwa dengan mayoritas beretnis Minangkabau.






Siapa yang saat ini masih menganut animisme - dinamisme di Sumatra Barat?
Masyarakat pengrajin yang tinggal di desa pedalaman, umumnya sangat memperhatikan hubungan antara dirinya dengan alam sekitar. Mereka menyadari bahwa alam memiliki suatu kekuatan gaib sebagai penguasa, yang kadangkala memberi kebaikan pada manusia & sebaliknya juga memberi bala. Mereka menyikapinya dengan melakukan pemujaan sebagai bentuk pengabdian & membuat mantra / jimat sebagai perlindungan diri.



Sejak kapan kepercayaan animisme - dinamisme di Sumatra Barat muncul?
Suku ini memiliki sebuah kesenian tari tradisional bernuansa magis bernama lukah gilo. 
Kesenian ini di duga muncul saat Raja Adhityawarman menguasai pulau Sumatra. Pada masa itu, dalam upacara ritual kerajaan, Raja selalu menyembah kekuatan roh & benda keramat. Jadi, bisa di simpulkan bahwa masyarakat Sumatra Barat sudah mengenal & menganut paham animisme - dinamisme sejak zaman ini, berdasarkan pada sumber tertulis. Namun, pada masa kaum Paderi berkuasa, kesenian lukah gilo sempat hilang, akan tetapi hingga kini sebagian masyarakat masih berusaha merawat & menggelarnya.


Di Sumatra Barat bagian mana animisme - dinamisme masih berkembang pesat?

Warga sungai Janiah & masyarakat Mentawai yang masih sangat tradisional sebagian besar menganut kepercayaan animisme - dinamisme. 





Kenapa mereka masih percaya dengan paham animisme - dinamisme?
Umumnya orang akan melihat kesenian tradisional semacam tari lukah gilo 
bertentangan dengan agama, karna adanya upaya memanggil jin. Akan tetapi, sebagian masyarakat Minang menganggap bahwa tari ini justru menambah nilai spiritual mereka karna sejatinya jin tersebut tetap berada di bawah kendali Tuhan melalui peran kulipah. Selain itu, biasanya setelah tari lukah gilo usai, para orangtua Nagari akan memberi nasehat pada masyarakat agar mereka tetap beriman kepada Tuhan, bukan pada jin. Tradisi ini dapat bertahan sampai sekarang karna kepercayaan lama animisme - dinamisme masih melekat di hati masyarakat.


Sumber :

0 Response to "Profil Sumatra Barat"

Posting Komentar