Profil Aceh

Apa itu Aceh?
Aceh adalah sebuah provinsi terbarat di Indonesia. Aceh di anggap sebagai tempat di mulainya penyebaran Islam di Indonesia & memainkan peran penting dalam penyebaran Islam di Asia Tenggara. Sejarah Aceh di warnai oleh kebebasan politik & penolakan keras terhadap kendali orang asing, termasuk bekas penjajah Belanda & pemerintah Indonesia. Jika di bandingkan dengan dengan provinsi lainnya, Aceh adalah wilayah yang sangat menjunjung tinggi nilai agama. Persentase penduduk muslimnya adalah yang tertinggi di Indonesia & mereka hidup sesuai syariah IslamBerbeda dengan kebanyakan provinsi lain di Indonesia, Aceh memiliki otonomi yang di atur tersendiri karna alasan sejarahnya sebagai serambi Mekah

Siapa yang saat ini masih menganut animisme - dinamisme di Aceh?
Mayoritas Suku asli Aceh masih menganut animisme - dinamisme yang sudah bergabung dengan agama Hindu, Buddha & Islam atau yang biasa di sebut sinkretisme.






Sejak kapan kepercayaan animisme - dinamisme di Aceh muncul?
Jauh sebelum agama masuk. Sampai sekarang pun masih ada namun sudah bercampur dengan agama - agama lain.



Di Aceh bagian mana animisme - dinamisme masih berkembang pesat?
Ritual animisme - dinamisme yang sudah menjadi sinkretisme hingga saat ini masih di lestarikan terutama di daerah Aceh Selatan.

Kenapa mereka masih menganut animisme - dinamisme?
Zaman keemasan Sultan Iskandar Muda menjadi monumen besar di mana ajaran Islam ikut berpengaruh pada perilaku kehidupan masyarakat Aceh. Hukum Islam & hukum adat menyatu dalam sistem pemerintahan Aceh kala itu & tetap di pertahankan hingga sekarang. Realitas ini menyebabkan kebudayaan Aceh menjadi berwarna & unik. 

Sumber :
  1. http://www.uni-muenster.de/Ethnologie/en/forschen/projekte/project18.html
  2. http://yasirmaster.blogspot.com/2011/12/hantu-dalam-pengetahuan-ureung-aceh.html
  3. http://books.google.co.id/books?id=Du0dAwAAQBAJ&pg=PA41&lpg=PA41&dq=burong+aceh&source=bl&ots=O8lqzK9Mig&sig=bga3fapM4x4GyZ8msKmcrKAGISY&hl=id&sa=X&ei=EZ1QVJ-5CZG68gWglILoDw&redir_esc=y#v=onepage&q=burong%20aceh&f=false

0 Response to "Profil Aceh"

Posting Komentar